Wijaya Kusumah, M.Pd

Wijaya Kusumah, S.Pd, M.Pd, Lahir di Jakarta, 28 Oktober 1972. Menyelesaikan pendidikan S1 di IKIP Jakarta pada Jurusan Teknik Elektro (1990-1994). Telah menyel...

Selengkapnya
Pembelajaran Dari bersama Omjay Lewat Zoom
omjay

Pembelajaran Dari bersama Omjay Lewat Zoom

Pembelajaran Menulis Online Bersama Omjay

April 21, 2020, Oleh: Fatimah, S.Si, dari SMA Negeri 1 Dewantara, Aceh,

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Alhamdulillah malam ini adalah malam yang paling saya tunggu-tunggu. Alhamdulillah juga pemateri malam ini adalah Founder WA Group Belajar Menulis PGRI. Sudah puluhan narasumber mengisi materi, dan yang paling favorit di antara seluruh pemateri yaitu bapak Wijaya Kusumah.

Bapak yang tambun ini sering kami sapa dengan OmJay. Tak lupa Omjay berpesan pada kami untuk meluruskan niat dalam menulis. Bukan hanya mengejar sertifikat, tapi ilmu juga didapat. Lalu menulislah setiap hari dan buktikan apa yang terjadi. Mulailah menulis dari hal-hal yang kecil dan kemudian sering-seringlah berbagi ilmu atau jalan-jalan mengunjungi setiap blog sahabat guru menulis di gelombang 8.

Pada malam ini saya merasa bahwa materi ini sangatlah berguna. Sebuah materi yang sedang dinanti-nanti guru di seluruh Indonesia. Hal ini dikarenakan judul kuliah online kami malam ini adalah pembelajaran ideal yang akan dipandu langsung oleh bapak Wijaya Kusumah, MPd. Seorang guru TIK di SMP Labschool Jakarta.

Beliau merupakan sekretaris jenderal Ikatan Guru TIK PGRI. Bapak Wijaya Kusumah yang senang berbagi ilmu adalah merupakan salah satu sifat baik yang memang sudah dari dulu dilakukannya. Beliau tak lupa tersenyum manis menyampaikan materinya. Pria berkumis dan selalu memakai peci putih di kepalanya. Itulah salah satu yang membuat kami selalu ikut belajar menulis walaupun pada kenyataannya tidak semanis madu.

Alhamdulillah malam ini kami langsung praktek pembelajaran daring bersama OmJay. Melalui aplikasi zoom, omjay mengajak kami semua langsung berdiskusi di meeting zoom. Hanya kendalanya meeting zoom GRATIS waktunya hanya 40 menit, jadi kalau kita mau menggunakan meeting, harus bisa mempersiapkan diri dulu supaya apa yang kita sampaikan itu terwakili semuanya. Omjay juga menyampaikan slide presentasinya yang dibagikan di WA Group belajar menulis.

Saya merasa malam ini, malam luar biasa. Kenapa saya bilang luar biasa? Karena malam ini OmJay mengajak kami berkeliling Indonesia. Kami bisa bertamu ke rumah peserta belajar lainnya yang berbeda gelombang. Guru yang belajar menulis di gelombang 8 bisa ketemu gelombang lainnya. Dengan aplikasi zoom, kita bisa bertamu ke Sulawesi, Bengkulu, Jawa Barat, Semarang, dan tentunya malam ini kita berkeliling dari sabang sampai merauke.

Alhamdulillah semua peserta belajar menulis, saya ajak mampir ke rumah kami di Aceh. Wah senangnya saya seperti duduk di 1 ruang tamu dan sedang berbincang-bincang dengan kawan-kawan semua. Hanya saja malam ini, saya lihat tidak semua peserta belajar menulis bisa masuk zoom atau meeting zoom.

Hal ini mungkin dikarenakan ada hambatan. Pertama bisa jadi internetnya lelet karena kuotanya habis. Hal yang kedua jaringannya tidak bersahabat karena mungkin ada gangguan atau sinyal kurang bersahabat dengan kita atau bahkan jaringannya terputus karena saat meeting zoom, kami tadi sempat terputus.

Syukur alhamdulillah saya bisa masuk lagi di zoom meeting yang kemudian saya bisa bersenda gurau kembali dengan peserta belajar menulis di seluruh Indonesia. Ada rasa bahagia sekali. Malam ini saya bisa bertemu dan bersua dengan mereka semua. Selama ini kami hanya menyapa melalui aplikasi Whatsapp.

Namun, di saat saya sedang berbincang lewat zoom, telepon saya berdering. Saya terpaksa bangun dan mengangkat telepon. Mohon maaf saya tinggalkan kawan-kawan semua karena yang menelpon adalah bapak kepala sekolah. Beliau meminta saya supaya bisa hadir ke sekolah besok untuk membantu salah satu siswa kami yang ingin masuk polisi. Itu artinya nanti buat surat keterangan aktifnya kemudian membereskan raportnya. Pokoknya mempersiapkan administrasi siswa sampai seluruh persyaratan yang diminta di sekolah itu selesai.

Lalu setelah selesai telepon, saya ternyata terputus lagi dengan grup diskusi meeting zoom. Akhirnya saya coba-coba bisa nyambung dan alhamdulillah tersambung lagi. Saya sangat senang karena sepertinya saya mendapatkan apa ya, sesuatu yang luar biasa. Malam ini saya bisa bercerita dengan kawan-kawan di lain provinsi. Pada akhirnya saya bilang wow malam ini kami diajak jalan-jalan keliling Indonesia. Saking senangnya saya mengeluarkan kata-kata tersebut.

OmJay berpesan pada kami, setelah diskusi nanti akan kembali membuat audio visual tentang pembelajaran daring yang ideal. Jadi beliau meminta kami untuk mendengarkannya lewat WA Group. Mari kita dengarkan dahulu kuliah online bersama Om Jai yang dipandu melalui audio di WA. Suaranya jernih dan terdengar jelas di telinga.

Berikut ini kata-kata yang disampaikan omjay.

Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh, selamat malam semuanya. Alhamdulillah tadi kita sudah belajar dan diskusi lewat aplikasi zoom. Semoga apa yang Omjay sampaikan bermanfaat buat bapak ibu semua malam ini.

Barusan saya kirim bapak ibu file slide presentasi power point tentang pembelajaran dalam jaringan yang ideal. Silakan bapak ibu melihat slide presentasi nya dan bapak ibu tuliskan pembelajaran daring yang sudah dilakukan di sekolah masing-masing. Semoga bapak ibu bisa menulis dengan baik sehingga nanti setiap orang tidak akan sama untuk pembuatan karya tulisnya.

Resume ditulis dari pengalamannya masing-masing selama pelaksanaan pembelajaran dalam jaringan atau pembelajaran online. Hal yang kedua Omjay berikan bapak-ibu buku saya. Menulislah setiap hari dan buktikan apa yang terjadi. Buku ini harganya kalau di toko buku Gramedia, dan dibeli online Rp.100.000 (seratus ribu). Malam ini saya berikan gratis buat bapak ibu semua dan mohon dibaca selama seminggu dan dibuat resensi bukunya. Kemudian posting di blog masing-masing.

Tulisan resensi buku segera dibuat dan saya minta dalam waktu 6 hari paling lambat resensi buku sudah jadi. Untuk besok materinya adalah proses menulis dan menerbitkan buku dari penerbit Andi Yogyakarta yang disampaikan oleh bapak Edi S Mulyanta, wakil direktur produksi penerbit Andi Yogyakarta. Teman-teman nanti bisa banyak bertanya sama beliau tentang proses mencetak buku di penerbit andi.

Apa saja yang ingin ditanyakan nanti, silahkan ditanyakan. Bapak ibu bisa membaca buku Omjay yang sudah jadi dari hasil tulisan menulis di blog. Bisa bapak ibu baca di catatan harian seorang blogger, buku terbaru Omjay. Bapak ibu juga bisa membaca buku Omjay tahun 2012 yang diterbitkan oleh penerbit mayor, yaitu penerbit indeks Jakarta.

Di sana bapak ibu bisa membaca isi buku tersebut. Omjay ucapkan terima kasih dan kalau ada pertanyaan-pertanyaan bapak ibu bisa bertanya langsung lewat jalur japri dan ini saya bagikan informasi dari mas Andre dari kementerian pendidikan kebudayaan dan semoga bisa diterima dengan baik di WA grup ini. Bila ada hal-hal yang bapak ibu mengalami kesulitan, mohon bertanya pada saya lewat WA atau lewat email di omjaylabs@gmail.com dan jangan lupa posting blog nya dengan tulisan terbaru. Sekian terima kasih.

Wassalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan
search

New Post