Wijaya Kusumah, M.Pd

Wijaya Kusumah, S.Pd, M.Pd, Lahir di Jakarta, 28 Oktober 1972. Menyelesaikan pendidikan S1 di IKIP Jakarta pada Jurusan Teknik Elektro (1990-1994). Telah menyel...

Selengkapnya
Navigasi Web
Persiapan Belajar Elearning di Hotel Pelangi Kupang, NTT

Persiapan Belajar Elearning di Hotel Pelangi Kupang, NTT

Gemericik hujan di luar sana membuat, keinginan dan pikiran berjalan begitu cepat, untuk mengingat kembali persiapan untuk kegiatan E Learning. 

 

Saya tahu kegiatan ini, saat kami kumpul untuk rapat dan membuat program kerja. Saat itu kami ada 9 orang pengurus. Kemudian dari seksi Organisasi menelpon (saya tidak tahu siapa yang di telpon, karena saat itu saya malas tahu mengingat pekerjaan yang masih menumpuk) lalu ibu emmy Retno mengatakan bahwa kita harus menangkap program dari pusat yaitu workshop e learning oleh Om Jay. Saya belum tahu bagaimana om Jay, hanya ibu Emmy Retno selalu vidio call lewat Wathsapp dan memperkenalkan saya dengan om Jay dan saya sudah pastikan kalau om Jay dengan segudang ilmu IT di kepalanya, ibu Sri ya... badannya subur seperti saya hahaha...😀😀🙏🙏🙏🙏dan Teh Wiwin nan cantik dan kemayu. Cantik orangnya.

 

Sejumlah Rapat dan pertemuan-pertemuan untuk mempersiapkan kegiatan elearning. Yang utama di pikiran kami adalah kerja kerja kerja sesuai dengan selogan dari Pak Presiden kita Joko Widodo.  

 

Tapi tiba-tiba saya di panggil oleh LPMP untuk ditugaskan ke Kabupaten Manggarai untuk menjalankan tugas Diskusi dengan Pengawas SMA dan SMK serta Dinas di Manggarai tentang Pelaksanan Sekolah Model.  Saat di Manggarai, saya menelpon dan ber-WA dengan ibu ketua PGRI Kota Kupang dan ibu Emmy Retno dan apa yang bisa saya kerjakan walau dari jarak jauh bukan halangan untuk kita kerja.

 

Saya kerjakan dan kirim melalui WA untuk diedit dan diprint di Kupang. Puji Tuhan semua persiapan oleh sahabat-sahanat Panitia yang luar biasa untuk mempersiapkan kegiatan yang bermartabat untuk jadikan guru bisa, guru hebat.

 

Saat di Manggarai yang dingin dan asal om Je ibu Sri dan Teh Wiwin ketahui bahwa di Manggarai tepatnya di Ruteng (kampungnya betrand Petto Putra Onsu ... boleh kami  bangga karena olah suaranya yang wah) Dingin dan semua hotel di sana tidak menggunakan Air Conditiona (Ac) kadang kabut saya sepertinya ada diatas awan. Saya selalu bertanya dengan Tuhanku dalam doa berikan kekuatan bagi saya  agar sabtu tiba agar saya segera flyght ke Kupang. Puji Tuhan cuaca pagi di hari Sabtu cerah dan pesawat dari Kupang akan segera mendarat dan akan mengantar kami kembali Ke Kupang.

 

Bolelebo tanah Kupang lebe baik walaupun panas disinilah saya akan bertemu dengan sahabat-sahabat guru yang luar biasa. Dengan dijemput sama mantan pacar yang sudah rindu.... hahaha malu jadinya, kami, melewati bundaran Penfui dengan tulisan Usneno noken it (bahasa Timor) yang artinya Tuhan Memberkati kita. (Om Je, ibu Sri dan Teh Wiwin belajar bahàsa Timor ya, datang berikutnya kita belajar bahasa yang lainnya dan melihat panorama NTT yang begitu indah di Sabu Raijua ada Kalaba'maja tang exotic di pulau rote ada mulut seribu yang luar biasa panorama pantainya, di Pulau Semau yang adalah kampung dari Gubernur NTT dengan panorama pantai dan pasir putih yang sangat menawan, kebetulan pulau semau sudah masuk kota kupang jadi kegiatan selanjutnya bisa kita laksanakan di Pulau Semau. ...colek Ma Nia biasa kuta memanggil Buket kami 🙏🙏🙏❤❤❤ ) yah ini sekedar hayalan saya saja dalam perjalanan dari bandara menuju hotel pelangi.

 

Sahabat, ingin raga ini segers sampai di hotel pelangi, karena sebelum berangkat saya sudah siapkan pakaian batik kusuma bangsa alias baju kebanggaan kita agar suami bawakan tapi ternyata sahabat suami saya bawa baju batik ukuran yang kecil milik anak saya. Maklum kami ber tiga di rumah (suami, anak dan saya ) adalah guru. Ya bajunya yang di bawa kekecilan. Jadi seharusnya saya bisa mengikuti pembelajaran dari ibu Sri jadi batal 😭😭😭🙏🙏🙏bu sri nanti Japri saya ya untuk mengirimkan materinya.

 

Kulihat PGRi di pelangi, pasti akan banyak warna warni ilmu yang akan kudapat di hotel pelangi ini oleh orang-orang yang hebat dan luar biasa. Kutapaki langkah kaki ini memasuki hotel pelangi dan disapa oleh resepsionis yang ramah dan mengarahkan saya untuk naik ke lantai 4, saat itu saya bertemu dengan ibu Sri (Sok akrab saya sapa beliau selamat datang bu sri) eh benar juga duvaan saya kalau itu ibu Sri. Maaf ibu saya ibu Olga. Eh iya ibu Retno sudah cerita tentang ibu olga)

 

Senyum yang ramah dari sahabat-sahabat yang luar biasa. Saat saya duduk saya menatap ke depan ibu ketua mengharapkan guru kota kupang guru bisa, guru hebat.

 

Selanjutnya MC kita saat itu ibu Yeremika lay dengan semangatnya memanggil Kepala dinas pensisikan dan kebudayaan kota Kupang untuk memberikan sambutan dan sekalugus membuka dengan resmi kegiatan Workshop dan E learning. Yang saya kutip dari sambutan beliau bahwa ini kegiatan bagus dan kiranya dapat diikuti oleh guru dengan baik. Dan permintaan beliau bahwa guru kota Kupang masih membuat RPP seperti yang lama berlembar lembar selagi belu ada keputusa  karena suatu keputusan tidak bisa digantikan hanya dengan surat edaran.

 

Dengan ketukan 3 kali kegiatan Seminar dan workshop sehari di buka secara resmi oleh kadis Pendidikan Kebudayaan kota Kupang maka  bertepuk gempita oleh peserta dan semua hadirin.

Sebagai bukti sokidaritas panitia dan sponsor memberikan buku dan powerbank ke beliau.

Karena  peserta sudah haus maka kami iatirahat dengan minun kopi dan teh dan menikmati kadupan yang ueanak banget dari hotel Pelangi.

 

Dengan penuh keingina tahu saya bagaimana membuat blog, biar sudah usia diatas lima puluh ingin eksis juga di dunia maya hahaha dengan tekun saya ikuti langkah-langkah membuat blog. Ya maklum udah tua harus buat berulang-ulang sampai bisa buat blog,  Teh Wiwin melaksanakan kewajibanya dengan cepat dan tepat.

 

Workshop yang menyenangkan harus di potong dengan perut yang keronconga  dan kami semua istirahat makan nasi dising hari dengan menu yang sudah disiapkan okeh pihak Hotel Pelangi.

 

Kemudian dilanjutkan dengan Seminar oleh pakar pendidikan mantan Kemendikbud Jaman Peesiden soeharto Prof Dr. Wardiman Djoyonegoro.

 

Apa yang beliau sampaikan tingkat SDM agar kita dapat maju jangan hanya mengirim bahan baku tapi kita harus siapkan barang yang siap di gunakan.

 

Senang bisa bertemu denga Prof Dr Wardiman Djoyonegoro. Kami tunggu kehadiran untuk memberikan motivasi agar kami lebih maju lagi.

 

Sesi tsnya jawab telah berlalu dan akhirnya dilanjutkan kembali dengan workshop dan pertanyaan pertanyan dari sponsor epson. Sponsor epson memberikan 3 buah printer bagi peserta yang bisa menjawab games yang dibuatnya 2 untuk peserta dan 1 untuk organisasi PGRI. Terima kasih epson dan kami menunggu lagi karya karyamu yang lebih dahsyat lagi di era digital ini.

 

Sebagai ungkapan terima kasih kami terimalah salam kami dari bumi flobamorata untuk Om Je, Ibu Sri dan teh Wiwin.

Love You All 😇😇❤❤❤🙏🙏🙏🙏

 

 

Olga P Lilipory.

@Kopi Papa Ganteng

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post