Wijaya Kusumah, M.Pd

Wijaya Kusumah, S.Pd, M.Pd, Lahir di Jakarta, 28 Oktober 1972. Menyelesaikan pendidikan S1 di IKIP Jakarta pada Jurusan Teknik Elektro (1990-1994). Telah menyel...

Selengkapnya

Dari bengkulu menuju kupang hingga semarang

Dari Bengkulu pergi ke Kupang dan berbagi ilmu di Semarang.

Bulan maret ini penuh dengan kegiatan. Hampir saja penelitian desertasi terabaikan. Untunglah saya telah terlatih mengelola 3 dunia. Dunia nyata, dunia maya, dan dunia mimpi.

Sewaktu di Smkn 4 kota Bengkulu, saya berbagi ilmu dan pengalaman bagaimana menjadi blogger sekaligus youtuber. Mereka sangat senang sekali dan antusias menerima materi disain pembelajaran modern di era revolusi industri 4.0.

Esoknya diminta berbagi lagi di SMKN 3 Rejang Lebong Bengkulu. Antusiasme mereka jug tinggi sekali. Hal ini terbukti dari produk yang dihasilkan setelah acara workshop di youtube channel mereka. Mereka memang konten kreator yang ulung dan unggul.

Rupanya guru-guru juga tak ingin tertinggal dengan siswanya. Rekan rekan guru juga minta diajari membuat disain pembelajaran modern dan membuat buku ajar yang menarik dan menghasilkan royalty buku puluhan juta rupiah.

Saya mencoba mencari tahu apa yang dibutuhkan guru di Bengkulu. Lewat pak Paidi ketua MKKS Provinsi Bengkulu dan pak Asep Suparman pengurus PGRI Rejang Lebong saya menjadi tahu apa yang mereka butuhkan.

Pagi datang menjelang. Matahari kian memancarkan sinar terang. Satu persatu guru datang dari segala penjuru ke kampung Inggris tempat dilaksanakan workshop disain dan bahan pembelajaran modern di era revolusi Industri 4.0.

Kali ini Waktunya cukup panjang kita melaksanakan praktik. Pembicara tidak terlalu banyak. Saya dan pak Suhendar diminta berbagi pengalaman.

Peserta senang Kamipun senang sebagai pematerinya. Interaksi terjadi di sana sini. Tak ada yang pulang hingga sore hari.

Berada di Bengkulu dari tanggal 7 sampai 8 Maret 2020 terasa singkat sekali. Waktu berputar terlalu cepat. Untunglah sudah terdokumentasikan dengan baik di http://youtube.com/wijayalabs.

Kembali ke Jakarta. Aktivitas seperti biasa. Pembelajaran berjalan lancar namun virus corona begitu menggema di mana mana.

Ada undangan ke kota Kupang NTT. Tiket sudah dipesan. Tak enak rasanya untuk di cancel. Menunda kegiatan bulan depan.

Kamipun berangkat dengan harap-harap cemas. Panitia PGRI kota Kupang meyakinkan kami. Hotel Pelangi sudah menanti kedatangan kami.

Malam hari kami tiba di kota Kupang. Langsung diajak makan ikan bakar yang lezat. Kemudian beristirahat di hotel pelangi dengan fasilitas serba ada. Tinggal minta saja kepada petugas hotel apa yang kita butuhkan.

Matahari bersinar kembali di pagi hari. Suara kokok ayam membangunkan kami. Sudah banyak guru datang ke hotel pelangi. Mereka memakai batik PGRI.

Tepat pukul 09.00 wita acara dibuka. Ibu Sri Sugiastuti memberikan materi kepenulisan lalu disambung oleh saya untuk materi disain pembelajaran modern. Peserta senang karena mendapatkan materi yang baru dan mencerahkan.

Tak terasa waktu makan siang tiba. Kami beristirahat sejenak.

Pak Wardiman datang. Beliau menyampaikan materinya yang menantang. Mantan menteri pendidikan ini bagus sekali menyampaikan materinya. Para guru menjadi tersihir dibuatnya. Tak ada satupun guru berbicara. Mereka mendengarkan presentasi semnas pak Wardiman yang mengagumkan.

Intinya adalah kita para guru punya beban berat untuk menyiapkan sdm unggul. Negara lain di sekitar kita sudah menyiapkannya dengan baik lewat pendidikan.

Teh Wiwin kebagian belakangan menyampaikan materi elearning. Tak kalah seru ketika teh Wiwin memberikan quis untuk doorprize printer.

Ada dua orang guru yang beruntung mendapatkan printer epson dan satu printer untuk ketua pgri kota kupang sebagai panitia penyelenggara.

Kegiatan semnas dan workshop di hotel pelangi berjalan lancar. Banyak guru tetap bertahan tak mau pulang. Mereka minta berfoto mesra dengan para narasumbernya.

Dari kota Kupang kami kembali ke Jakarta. Bertemu kembali dengan keluarga tercinta. Suami teh wiwin menjemput kami di bandara Sukarno Hatta.

Dunia mimpi saya pilih untuk menjauh dari virus corona yang mencemaskan. Apalagi setelah mendengar pidato pak Anies Baswedan gubernur DKI Jakarta. Virus corona sudah memakan korban.

Jangan meninggalkan kota. Itulah pesan pak Anies Baswedan. Ada rasa bimbang di hati ini.

Undangan mengisi materi workshop ke Semarang sudah diingatkan panitia. Kegiatan tetap berjalan walaupun berita tentang virus Corona membuat kami siap siaga.

Usai mengajar online saya terbang ke Semarang dari bandara Halim. Petugas hotel Aston menjemput saya di bandara Ahmad Yani.

Istirahat sebentar di kamar hotel. Teman teman MGMP TIK dan guru menulis janjian kopdar di hotel sore hari.

Alhamdulillah bisa bertemu dengan mereka di sore hari. Ada buah tangan atau oleh-oleh khas kota Semarang disampaikan dengan salam corona. Kami terpaksa melakukannya utk menjaga kesehatan masing-masing.

Malam hari kegiatan workshop dimulai kembali. Saya mendapat bagian waktu paling akhir. Nampak di mata saya guru-guru agama Hindu sudah mulai mengantuk.

Strategi pembelajaran langsung saya alihkan sesuai dengan kondisi. Alhamdulillah saya berhasil mengajak mereka untuk berinteraksi. Hingga malam hari antusias mereka tetap tinggi. Hal ini saya dapatkan dari tulisan mereka yang menginspirasi.

Begitulah perjalanan saya di 3 kota bulan ini. Semoga apa yng saya lakukan mendapatkan rahmat dan ridho dari Allah SWT.

Salam blogger persahabatan.

Omjay

Guru blogger Indonesia

Blog http://wijayalabs.wordpress.com

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan
search

New Post