Wijaya Kusumah, M.Pd

Wijaya Kusumah, S.Pd, M.Pd, Lahir di Jakarta, 28 Oktober 1972. Menyelesaikan pendidikan S1 di IKIP Jakarta pada Jurusan Teknik Elektro (1990-1994). Telah menyel...

Selengkapnya
Kembali Ke Bekasi
rumah omjay

Kembali Ke Bekasi

Ada yang bilang rumahku adalah surgaku. Begitulah yang saya rasakan pagi ini.

Pagi hari sudah mengisi air di kolam dan memberi makan ikan nila. Lalu menyirami makanan di halaman rumah.

Seminggu sudah kami meninggalkan rumah. Ada beberapa tanaman mati kekeringan dan 2 ekor ikan mas mati mengenaskan. Mungkin mereka kelaparan karena tidak diberi makan.

Kucing-kucing tetangga yang biasanya kumpul di rumah setiap pagi kini sepi. Baru satu ekor yang kembali meminta sarapan pagi.

Anak anak masih tertidur pulas. Intan baru lulus ujian skipsi di Uin Bandung dan Berlian baru saja naik ke kelas 12 di SMA Labschool Jakarta.

Semalam mereka masak indomie karena kelaparan. Alhamdulillah perjalanan dari Bandung ke Bekasi tidak sampai 2 jam. Keponakan saya Aldi yang membawa kendaraan. Sekarang lewat tol bisa langsung lewat jalan layang dan keluar langsung di tol Pondok Gede. Bandung Bekasi terasa dekat.Pukul 22.30 wib kami sudah sampai rumah di Bekasi. Anak anak langsung beres-beres rumah. Intan menyapu lantai dan Berlian menyiapkan tempat tidur.

Semenjak rumah kami sering kebanjiran, saya tak lagi tidur di tempat tidur. Kita tidur gelar tikar beralaskan kasur lipat. Hal itu kami lakukan agar dengan mudah kami bereskan bila banjir datang lagi.

Saya teringat ketika malam tahun baru 2020 tiba. Anak dan istri pergi rekreasi ke Pangandaran. Tinggal saya sendiri yang berada di rumah.

Entahlah saya merasa punya firasat tidak enak. Saya putuskan tidak berangkat menyusul anak dan istri.

Tadinya, sesudah mengisi materi di Talang Babungo, Solok, Sumatera Barat, saya langsung terbang ke Pangandaran dari bandara Halim. Ada pesawat yang langsung ke sana. Tapi kemudian saya berubah pikiran.

Malam itu saya sendirian. Hujan datang tiba tiba besar sekali dan tiada henti. Saya mulai merapihkan barang. Namun sayang banjir begitu cepat datang.

Motor Alda keponakan dan motornya Intan terendam banjir. Di dalam rumah sudah sepinggang orang dewasa. Pak dokter Firdaus tetangga depan rumah menelepon. Katanya segera mengungsi ke rumahnya.

Kisah lengkapnya saya tulis di buku catatan harian seorang guru blogger. Sudah 4 kali rumah kami kebanjiran tahun ini dan kami menikmatinya. Ini ujian kesabaran dari Allah.

Pagi ini kembali ke rumah. Melihat rumah dari luar rumah. Saya duduk di beton peninggalan proyek danau buatan di dekat rumah kami. Alhamdulillah sekarang tak ada banjir lagi.

Kembali ke rumah membawa berkah. Ada datang buku dari penerbit dan percetakan. Mas Fahri mengirimkannya dari Bogor. Kalau mau pesan dipersilahkan. Buku Catatan Harian Seorang Guru Blogger dan Menulislah Setiap Hari dan Buktikan apa yang terjadi.

Besok kamis mengisi workshop di SMP Islam Panglima Besar Sudirman Bekasi. Pagi ini mempersiapkan rekaman video untuk acara masa pengenalan lingkungan sekolah di SMP Labschool Jakarta.

Semua kegiatan dilaksanakan secara virtual karena siswa belum boleh pergi ke sekolah. Kami masih belajar, bekerja dan beribadah dari rumah karena Jakarta masih zona merah.

Kembali ke rumah membuat saya bahagia sekali. Melihat ikan berenang ke sana kemari. Melihat tanaman di halaman segar kembali. Setelah ini cuci mobil lalu mandi.

Semoga anda para pembaca bahagia bersama keluarga tercinta. Kebahagiaan itu sederhana. Mulailah dari keluarga anda yang sakinah dan mawaddah. Sampai nanti ya!

Salam blogger PersahabatanOmjayGuru Blogger IndonesiaBlog http://wijayalabs.com

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan
search

New Post